Keterkaitan Antara Tenaga Dalam Dan Tenaga Fisik

Tenaga Dalam maupun Tenaga Fisik saling melengkapi. Tidak ada Tenaga Dalam yang kuat tanpa di sertai dengan kekuatan fisik yang kuat, begitu juga sebaliknya kekuatan fisik yang kuat bersumber dari kekuatan Tenaga Dalam yang sama kuat. Banyak perguruan Tenaga Dalam menyandingkan olah fisik dengan kekuatan Tenaga Dalam. Misal menggabungkan antara bela diri dengan tenaga dalam.

 

Pada hakikatnya Tenaga Dalam adalah Energi Kehidupan. Sedangkan energi kehidupan erat kaitannya dengan pernafasan. Manusia mampu bertahan 1 hari tanpa makan dan minum tetapi manusia tidak akan dapat bertahan 1 menit tanpa bernafas. Jadi bukan hanya bagi penguasaan ilmu Tenaga Dalam saja namun pernafasan adalah hal vital yang dibutuhkan setiap makhluk hidup. Secara fisik pernafasan diartikan sebagai proses menghirup udara (oksigen) ke dalam tubuh dan menghembuskan udara keluar tubuh (karbondioksida).

 

Sebaliknya secara non fisik pernafasan merupakan proses penyerapan energi kehidupan (bio energi) dari alam semesta kemudian disalurkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh, pikiran dan jiwa tetap bisa hidup. Dalam olah Tenaga Dalam pernafasan tidak hanya untuk menghimpun energi alam semesta tetapi juga untuk mengolah dan mentransfer energi tersebut agar mempunyai daya yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Dengan memahami Tenaga Dalam yang baik manusia dapat memahami betapa besar kekuasaan Tuhan.

 

Di balik alam semesta yang luas ini ada hal besar lainnya yang dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi kita harus bersyukur karena apa yang kita tangkap dengan panca indra kita hanya sebagian kecil dari kekuasaanNya. Melalui Tenaga Dalam pula manusia belajar betapa kecil manusia dihadapan Tuhan. Manusia tidak berdaya tanpa udara yang dapat dimanfaatkannya agar mampu bertahan hidup. Setiap tarikan nafas dapat diperoleh secara gratis. Ini mengajarkan kita betapa pemurah Tuhan kepada manusia.

Tinggalkan komentar